Seni Rupa Terapan

SENI RUPA TERAPAN

Berdasarkan wujud/dimensi/ukuran/matra, karya Seni Rupa dibedakan menjadi:
1. 2 Dimensi (2D/Dwimatra) : hanya memiliki satuan ukuran pxl, misal: gambar
2. 3 Dimensi (3 D/Trimatra) : memiliki satuan ukuran pxlxt(volume), misal patung

Berdasarkan kegunaannya:
1. Seni Rupa Murni (fine art) : mengutamakan fungsi keindahannya atau hanya dinikmati nilai atau mutu seninya dengan indera penglihatan
2. Seni Rupa Terapan (applied art/useful art) : menggutamakan fungsi pakainya selain dinikmati mutu seninya. Hasil karyanya dapat dinikmati/digunakan dalam kebutuhan sehari-hari. Misal gerabah
3. Seni Kriya/Kerajinan Tangan : misal ukiran, anyaman, tekstil
4. Desain : peran desain dalam kehidupan sehari-hari sangat banyak dan penting, misal ragam hias, interior, eksterior, poster, kartu undangan

Berdasarkan kelompoknya:
1. Seni Audio : dinimati melalui indera pendengaran
2. Seni Visual : dinikmati dengan indera penglihatan
3. Seni Audio Visual : pengabungan antara pendengaran dan penglihatan

Unsur Seni Rupa
1. Titik : merupakan unsur yang paling sederhana
2. Garis : terbuat dari rangkaian titik yang terjalin memanjang menjadi garis
3. Bidang : unsur rupa yang terjadi karena pertemuan dari beberapa garis
4. Bentuk : unsur seni rupa yang terbentuk karena ruang/volume
5. Warna : unsur rupa yang terbuat dari pigmen (zat warna)
6. Tekstur : merupakan nilai permukaan suatu benda
7. Gelap terang : merupakan keadaan suatu bidang yang dibedakan dengan warna tua dan muda yang disebabkan perbedaan warna/pengaruh cahaya

Prinsip Seni Rupa
1. Kesatuan (unity) : tidak ada bagian yang berdiri sendiri
2. Keseimbangan (balance) : terpusat, simetris dan asimetris
3. Irama : penggulangan unsur/elemen seni yang teratur
4. Keselaran : merupakan prinsip yang dipakai untuk menyatukan unsur-unsur seni rupa, baik untuk bentuk atau warna

Ragam Seni Rupa
1. Gambar
Menggambar : proses perekaman objek pada bidang 2 D melalui media dan bersifat objektif. Misal gambar bentuk, model dan ragam hias
2. Lukisan : bersifat subjektif
3. Grafis : karya seni rupa yang melalaui proses cetak, misal poster, ungdangan, dll
4. Seni Patung : awalnya berfungsi religius, namun sekarang lebih ke arah estetisnya dalam penggunaannya. Misal patung pada candi Budha
5. Kriya : biasanya memiliki ciri khas daerah dengan aturan, motif dan warna yang melambangkan makna-makna tertentu dari daerah tersebut
6. Desain Daerah : desain diciptakan dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan konsumen akan produk-produk seni. Misal desain ruang interior rumah Joglo dari Jogja.

6 Komentar (+add yours?)

  1. tamami
    Des 15, 2009 @ 05:16:29

    ….waww apikk tenan, tp ko aq lbh snng warna yg kmrn ya! hehee….

    Balas

  2. tamami
    Des 15, 2009 @ 05:17:25

    ……Semangat!!!!!

    Balas

  3. fatkoen's
    Feb 17, 2010 @ 07:02:55

    bgs koq buw …. lanjutkan…..!!!!!

    Balas

  4. fatkoen's
    Feb 17, 2010 @ 07:04:50

    tapi kayaknya lebih bgz lg lok di tambah tentang extra komputer dech buw………..

    Balas

Tinggalkan Balasan ke fatkoen's Batalkan balasan