Desain dan Indonesia

DESAIN dan INDONESIA

Di Indonesia sejak abad ke- 19 telah muncul dan mulai terbentuk desain yang lebih modern (Proto-modern), dan pada abad ke- 20 muali terlihat adanya peningkatan baik dalam bentuk benda maupun karya rupa. Hal ini dipengaruhi pula oleh gaya hidup masyarakat yang mulai modern. Terlebih sejak dicanangkannya ”politik etis” yang seakan-akan membuka pikiran rakyat / kaum pribumiuntuk menjalani kehidupan yang lebih modern di abad ke- 20.

Jika kita amati sebenarnya terdapat hubungan yang saling terkait antara program modernisasi dengan modernisme. Modernisme dapat mendorong masyarakat menuju proses ke arah masyarakat yang lebih modern dan beradab.

Masa perang kemerdekaan adalah masa-masa yang cukup sulit (bahkan bisa dibilang sangat sulit) bagi bangsa Imdonesia.Hal ini seakan mengharuskan kita untuk lebih memahammi ”strategi budaya” Barat, kebudayaan global dan kebudayaan bangsa Indonesia sendiri. Namun masyrakat Indonesia seakan-akan terlena oleh anggapan banhwa kebudayaan Barat itu perfect.

Pada zaman sekarang kebudayaan Barat tidak masuk melalui armada perangnya, tetapi salah satunya melalui jaringan informasi, teknologi, desain, dan dunia kesenirupaan adalah media yang paling rentan disusupi ideologi dan pemikiran kebudayaan yang lebih kuat.

Desain merupakan kata baru peng-Indonesian dari kata design, istialh ini merupakan pengilmuan kata merancang yang penggunaannya dinilai terlalu umum dan kurang mewadahi aspek keilmuan sacara formal. Dalam kurun waktu 30tahun(1971) sejak istilah desain dipergunakan di lingkungan akademis dan profesi, kata desain telah mantap sebagai istilah budaya yang melingkupi pelbagai aspek kegiatan di maasyarakat luas.

Sumber bacaan:

Agus Sachari dan Yan-Yan Sunarya. 2002. Sejarah dan Perkembangan Desain & Dunia

Kesenirupaan di Indonesia. Bandung:ITB

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: